Kamis, 29 Maret 2012

Kings Of Convenience - Bersandar (White Shoes & Couple Company Cover)


Selasa, 20 Maret 2012

mensahabatkan sahabat


ketika mencoba memahami ini " Di kala berpisah dengan sahabat, tiadalah kau berdukacita;
Kerana yang paling kau kasihi dalam dirinya, mungkin kau nampak lebih jelas dalam ketiadaannya, bagai sebuah gunung bagi seorang pendaki, nampak lebih agung daripada tanah ngarai dataran." 

beruntunglah saya yang tidak pernah merasa di tinggalkan sahabat padahal kami kadang berjauhan, jarang sekali bertemu, berkomunikasipun kadang jarang . kami  hectic dengan pekrjaan, tugas dan hidup masing-masing, bahkan sulit sekali menyatukan kami dalam suatu kesempatan .  ketika ada masalah ya diselesaikan bukan ditinggalkan . ini bukan tentang seberapa sering kami datang dan pergi, ini tentang bagaima kualitas di setiap pertemuan dan bagaimana kami memaknai dan menghargai kata sahabat yang diberikan satu sama sama lain . pernah suatu ketika menjadi menjadi pendengar cerita seorang teman, ia berkata " gw kesel aja dia sahabat gw , tapi dia dateng ke gw waktu susah doang" . heemh mungkin perlu memaknai ulang kata "sahabat"  .

sebuah sajak mengatakan sahabat adalah jiwa yang sama dalam raga yang berbeda. Itu kenapa ketika kita bahagia, maka sahabat kita akan ikut bahagia. Ketika kita sedih, sahabat kita ikut sedih dan sama seperti yang kita lakukan, berusaha mencarikan jalan untuk keluar dari kesedihan itu. Ketika sahabat itu pergi, maka ada sesuatu dalam hidupmu yang hilang, seperti tempat bercerita, berbagi tawa, berbagi masalah, atau sekedar berbagi gossip baru di infotainment 

Jika dia datang disaat susah dan lau kita merasa terbebani karena dia datang, bukankah itu berarti kita tidak mensahabatkan sahabat ?
bukankah seharusnya bersahabat maka kita lebih mudah melihat keindahan, kegembiraan dan kekayaan dalam hal-hal yang sederhana. bukankah dengan bersahabat kita juga akan lebih mudah mengalah. Mengalah artinya menjadi pemenang dengan memenangkan orang lain. Sehingga kita bisa bergembira ketika merayakan kemenangan dan kekuatan orang lain. Mungkin tidak ada lagi rasa iri dengki, jika kita bisa mengalah . Bukankah dengan bersahabat harusnya berbagi jalan keluar dalam kesedihan bukan malah tentang meninggalkan dan di tinggalkan .

mencantumkan seseorang sebagai seorang sahabat itu bukan hal yang spele menurut saya . 
Seringkali pula kita ingin menjalin persahabatan dengan orang baru atau orang yang sudah lama kita kenal tetapi tidak terlalu dekat, tetapi sayangnya upaya kita itu tidak mendapatkan respon yang kita harapkan. lamanya bersama bukan berarti kita paham segalanya .
Dalam hal ini, ketika ada  sahabat yang datang mencari jalan keluar, tidak peduli sesering apa dia berkeluh kesah tentang masalahnya, tidak masalah dia tak datang saat kesenangan jatuh dipangkuannya . persahabatan bukan tentang pamrih  yang penting untuk dipegang adalah kita selalu berusaha untuk mensahabatkan diri kepada seorang sahabat , masalah saran kita diterima atau tidak itu bukan masalah kita, sepanjang kita selalu berusaha untuk menjadi pribadi yang baik. 
Kadang kita lupa, bahwa ketika kita bersama seorang sahabat, sebenarnya kita telah menggunakan waktunya. Maka sebisa mungkin kita selalu bisa menjadikan diri kita hadiah terindah bagi kehidupannya. Mungkin sekedar dengan tutur kata yang baik, canda tawa yang menyenangkan hati, nasehat yang membangun, atau cukup dengan menunjukkan kasih sayang. 

tidak setiap waktu saya mengatakan ini, tapi yang perlu kalian tahu ketika saya mengatakannya saya benar benar memaknainya . jadi ingatlah . I LOVE YOU MY PALS :D

Senin, 19 Maret 2012

peranan staff pada organisasi


Peranan staff dalam organisasi

Latar belakang.
            Telah dikemukakan bahwa dalam organisasi bentuk lini dan staff ada dua kelompok tenaga kerja. Kelompok pertama adalah mereka yang tugas utamanya bersifat menterjemahkan tugas pokok menjadi aktivitas, sedang di pihak lain terdapat mereka yang tugasnya melakukan kegiatan-kegiatan penunjang demi lancarnya roda organisasi dan mekanisme kerjasama yang harmonis, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Kedua kelompok ini mempunyai peranan penting dalam merealisasi tujuan organisasi secara efektif dan efisien.
Sepintas lalu kelihatan seolah-olah karyawan lini lebih penting karena tugas meraka yang utama melaksanakan aktivitas penting untuk merealisasi tujuan. Malah dianggap kadang-kadang bahwa tanpa karyawan staff tujuan dapat juga direalisasi. Pandangan ini terutama dalam organisasi modern kurang tepat, walaupun sifat aktivitas karyawan staff sebagai penunjang kegiatan yang dilakukan olah karyawan lini, akan tetapi peranan mereka dalam menciptakan efektivitas dan efisiensi sangat penting. Dengan bantuan karyawan staff organisasi dapat mendayagunakan resources yang dimiliki perusahaan secara optimum, karena mereka dapat melihat berbagai kemungkinan, pendidikan dan pengalaman mereka memungkinkan memilih kesempatan yang terbaik.

Tugas staff pada organisasi
Tugas-tugas yang dapat diberikan kapada karyawan staff antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Mengumpulkan data
  2. Menginterpresentasikan data
  3. Mengusulkan alternative tindakana
  4. Mendiskusikan rencana – rencana yang sedang dipikrkan dengan berbagai hak dan memperoleh kesepakatan mereka atau memperoleh alasan mengapa recana tersebut ditolak
  5. Mempersiapkan instruksi – instruksi tertulis dan dokumen – dokumen lainnya yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan – kegiatan yang merupakan realisasi dari rencana yang telah ditetapkan
  6. Mengamati kegitan – kegiatan operasional dan kondisi – kondisi yang dihadapi untuk mengadakan apakah instruksi – instruksi telah dijalankan dengan baik dan apakaj instruksi tersebut menghambat atau memperlancar proses penapaian tujuan
  7. Mengusahakan pertukaran informasi antara para petugas – petugas operasional mengenai pelaksanaan untuk meingkatkan kegiatan koordinasi
  8. Memberikan informasi dan nasihat kepada petugas – petugas operasional mengenai pelaksanan tugas yang telah didelegasikan kepada mereka.
Kualifikasi staff
Menurut baishline mengajukan 6 pokok yang harus dipengaruhi oleh staf yaitu :
  1. Pengetahuan yang luas mengenai tempat dimana dia bekerja
  2. Punya sifat kesetiaan tenaga yang besar, kesehatan yang baik, inisiatif, pertimbangan yang baik dan kepandaian yang ramah
  3. Punya semangat kerja sama
  4. Kestabilan emosi dan tingkah laku yang sopan
  5. Kesederhanaan
  6. Kemauan baik dan optimis
Kesimpulan
            Sebuah organisasi tidak dapat dipisahkan dari peranan staff, dalam hal ini keberhasilan sebuah organisasi tidak hanya dari struktur organisasi atau pemimpin organisasi namun ada staff yang berperan besar dalam mencapai keberhasilan. Kesatuan organisasi dan staff yang memupuni menjadi kunci sukses

Sumber


(man)faat ikut seminar


Hari selasa minggu kemarin tepatnya tanggal 13 maret, gw ikutan seminar yang diadakan oleh anak BEM FIKTI gundar, yang bertemakan “ make your blog with more benefit and coloring cyber world “. 4 semester gw kuliah ini merupakan seminar pertama yang gw ikutin sumpah demi apapun gw gk boong. Niatan awal gw ikut ini seminar bukan karena kepingin ikut atau merasa tertarik dengan seminarnya melainkan untuk memenuhi tugas dan kewajiban dari salah satu matkul semester ini yaitu teori organisasi umum 2. Di matkul ini mahasiswa diharuskan minimal mengikuti 1 kali seminar. Mau gak mau gk tunaikanlah ini kewajiban. Ini bukti gw ikutan seminarnya


Terlepas dari selembar kertas nestapa diatas, ternyata gw dapat banyaaaak ilmu dengan mengikuti seminar tersebut, bener2 gw merasa beruntung dan sangat beruntung bisa menjadi salah satu peserta dari seminar tersebut. Sebelum gw ikutan itu seminar gw memang lagi focus untuk nge’blog sampai – sampai gw buat blog baru. tiba – tiba ada seminar tentang blog jadi pas banget deh dengan kegiatan yang lagi gw geluti.
Dari seminar ini gw belajar banyak tentang blog, mulai dari sejarah blog, siapa pembuat blog, apa itu blog, etika nge’blog yang baik, tampilan blog yang menarik. dan bahkan gw juga belajar tentang bagaimana dari sebuah blog bisa menghasilkan uang. Dengan pembicara yang betul – betul memahami blog dan berkecimpung di blog dan juga gaya bicara yang enak ditambah materi yang disampaikan menarik gw sampai lupa dengan tujuan utama gw ikutan ini seminar yaitu untuk memenuhi tugas kuliah dan dapat sertifikat.
Setelah gw ikut seminar ini gw jadi dapat menarik kesimpulan tentang ngeblog yang baik dan benar, pertama soal originalitas atau keaslian dalam hal ini keaslian isi blog kita, semakin asli isi blog kita semakin mantaflah, yang kedua soal etika copy mengcopy, pasti udah hal yang biasa copy mengcopy namun ada etika baiknya yaitu dengan mentautkan link sumbernya, secara gk langsung kita menghormati karya orang lain, INGAT !!! “ kalo mau dihormati orang lain maka hormati orang lain terlebih dahulu “ dan yang terakhir kalo berniat untuk menjadikan nge’blog sebagai aktivitas kita, lakukanlah sepenuh hati, jadikan nge’blog sebuah aktivitas yang menyenangkan pokoknya keep blogging

LONG LIFE AND CHEERS =D 
Minggu, 11 Maret 2012

perbedaan antara wewenang dan kekuasaan


Latar belakang.
            Zaman sekarang dalam kehidupan bermasyarakat wewenang dan kekuasaan bukan merupakan hal yang asing lagi. Bahkan masyarakat mengangap wewenang dan kekuasaan merupakan suatu hal yang wajar dan sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka. Bukan pada zaman sekarang ini saja masyarakat mengenal wewenang dan kekuasaan tetapi dari zaman – zaman dahulu wewenang dan kekuasaan sudah dikenal banyak kalangan orang.
            Pandangan masyarakat terhadap wewenang dan kekuasaan berbeda – beda, ada yang menganggap merupakan hal yang positif, wajar dan ada juga yang berpandangan negative, hal ini disebabkan arti umum dari wewenang dan kekuasan yaitu kekuatan untuk mengatur orang banyak, namun ini semua kembali kepada bagaimana wewenang dan kekuasaan itu digunakan oleh yang berhak
            Wewenang dan kekuasaan memang sama – sama memiliki arti umum kata yang sama yaitu sebuah kekuataan untuk mangatur banyak orang untuk mencapai sebuah tujuan, namun pada kenyataannya wewenang dan kekuasaan tidak bisa disamakan atau disetarakan. Pada kali ini saya akan menjelaskan apa yang membedakan antara wewenang dan kekuasaan, saya akan menjelaskan satu persatu apa itu wewenang dan apa itu kekuasaan secara mendalam agar kita bisa  mengetahui apa yang membedakan antara wewenang dan kekuasaan.
Pengertian wewenang.
            Wewenang (authority) adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu. Ada dua pandangan yang saling berlawanan mengenai sumber wewenang, yaitu teori formal ( atau sering disebut pandangan klasik ) dan teori penerimaan.
1.      Teori formal ( pandangan klasik )
 wewenang merupakan anugerah, ada karena seseorang diberi atau dilimpihai hal tersebut. Beranggapan bahwa wewenang berasal dari tingkat masyarakat yang tinggi.  Jadi pandangan ini menulusuri sumber tertinggi dari wewenang ke atas sampai sumber terakhir, dimana untuk organisasi perusahaan adalah pemilik atau pemegang saham.
2.      Teori penerimaan ( acceptance theory of authority )
Wewenang timbul hanya jika dapat diterima oleh kelompok atau individu kepada siapa wewenang tersebut dijalankan. Pandangna ini menyatakan kunci dasar wewenang oleh yang dioengaruhi ( influence ) bukan yang mempengaruhi ( influencer . jadi wewenang tergantung pada penerima ( recevier ), yang memutuskan untuk menerima atau menolak.
 Menurut Chester I. Bernard seseorang akan memenuhi perintah apabila dipenuhi empat kondisi
berikut:
1.      Dia dapat memahami komunikasi
2.      Dia percaya bahwa perintah tersebut tidak bertentangan dengan tujuan organisasi
3.      Perintah tersebut tidak bertentangan dengan kepentingan secara keseluruhan, dan
4.      Secara fisik dan mental mampu menjalankan perintah tersebut
Wewenang dalam organisasi
            Wewenang merupakan syaraf yang berfungsi sebagai penggerak dari pada kegiatan – kegiatan. Wewenang yang bersifat informal, untuk emdapatkan kerjasama yang baik dengan bawahan. Disamping itu wewenang juga tergantung pada kemampian ilmu pengetahuan, pengalaman dan kepemimpinan. Wewenang berfungsi untuk menjalankan kegiatan yang ada dalam organisasi. Wewenang dapat diartikan sebagai hak untuk memerintah orang lain untuk melakukan  sesuatu agar tujuan dpat tercapai.
Wewenang lini, staf dan fungsional
1.      Wewenang lini
Dimiliki oleh manajer lini yang mengambil kepututsan untuk mencapai tujuan organisasi secara langsung. Dalam badan organisasi, wewenang lini digambarkan oleh garis yang menghubungkan manajemen puncak sampai ke manajemen tingkat bawah
2.      Wewenang staff
Dilakukan oleh orang atau kelompok orang yang memberikan jasa atau nasihat kepada manajer lini. Staff ahli biasanya merupakan istilah yang menggambarkan posisi tersebut. Staff ahli memberikan nasihat berdasrkan keahlian, pengalaman, atau riset dan analisis yang diperlukan termasuk bantuan pelaksanaan kebijakan monitor dan pengendalian.
3.      Wewenang fungsional
Kadang organisasi mempunyai manajer atau departemen yang mempunyai wewenang dan fungsional fungsi keunagan dan akuntansi sering diberikan wewenang fungsional.
Delegasi wewenang
            Dapat diartikan sebagai penugasan wewenang dan tanggung jawab formal organisasi kepada orang lain, dalam hal ini karyawan. Wewenang dapat dielegasikan sesuai dengan prinsip scalar manajemen klasik, yang menyatakan bahwa garis wewenang harus ditetapkan dengan jelas dari manajemen puncak sampai karyawan paling bawah. Delegasi wewenang bukan merupakan pelepasan tanggung jawab.
Keuntungan dan halangan delegasi wewenang
            Delegasi wewenang memungkinkan manajer menyelesaikna lebih banyak pekerjaan daripada kalau semuanya dikerjakan sendiri. Kadang bawaham mempunyai keahlian yang lebih dibandingkan dengan manajer untuk hal – hal tertentu. Beberapa manajer kadang enggan mendelagasikan wewenang karena :
1.      Tidak yakin akan kemampuan bawahan
2.      Merasa mampu mengerjakan sendiri
3.      Tidak efesien untuk mengajari bawahan melakukan tugas
4.      Takut wewenangnya akan berkurang atau takut kalau bawahannya dapat melakukan tugas
5.      Labih baik dibandingkan dirinya
Karyawan kadang engga menerima delegasi wewenagn karena beberapa alasan :
1.      Takut gagal
2.      Merasa tidak ada penghargaan untuk kerja uang akan dilakukannya atau tidak mau menanggung resiko
3.      Semua resiko diserahkan atau ditanggung oleh manajer
Delegasi wewenang yang efektif
1.      Memutuskan pekerjaan mana yang akan didelegasikan karena tidak semua pekerjaan dapat didelegasikan
2.      Memutuskan siapa yang akan memperoleh penugasan dengan beberapa pertimbangan waktu yang dipunyai karyawan kemampuan yang dimiliki karyawan dan kesempatan yang akan dimanfaatkan oleh karyawan
3.      Mendelegasikan tugas disettai dengan informasi dan pemberian wewenang yang cukup dan bentuk hasil yang diharapkan
4.      Menetapkan feedback untuk memonotir kemajuan yang dicapai oleh bawahan
pengertian kekuasaan
orang-orang yang berada pad pucuk pimpinan suatu organisasi seperti manajer, direktur, kepala dan sebagainya, ( memiliki kekuasaan power) dalam konteks mempengaruhi perilaku orang-orang yang secara struktural organisator berada di bawahnya. Sebagian pimpinan menggunakan kekuasaan dengan efektif, sehingga mampu menumbuhkan motivasi bawahan untuk bekerja dan melaksanakan tugas dengan lebih baik. Namun, sebagian pimpinan lainnya tidak mampu memakai kekuasaan dengan efektif, sehingga aktivitas untuk melaksanakan pekerjaan dan tugas tidak dapat dilakukan dengan baik. Oleh karena itu, sebaiknya kita bahas secara terperinci tentang jenins-jenis kekuasaan yang sering digunakan dalam suatu organisasi.
Dalam pengertiannya, kekuasaan adalah kualitas yang melekat dalam satu interaksi antara dua atau lebih individu (a quality inherent in an interaction between two or more individuals). Jika setiap individu mengadakan interaksi untuk mempengaruhi tindakan satu sama lain, maka yang muncul dalam interaksi tersebut adalah pertukaran kekuasaan.

Sifat kekuasaan

1.      Kekuasaan bersifat positif

merupakan Kemampuan yang dianugerahkan oleh Tuhan kepada individu sebagai pemegang kekuasaan tertinggi yang dapat memengaruhi dan mengubah pemikiran orang lain atau kelompok untuk melakukan suatu tindakan yang diinginkan oleh pemegang kekuasaan dengan sungguh-sungguh dan atau bukan karena paksaan baik secara fisik maupun mental.

2.      Kekuasaan bersifat Negatif

Merupakan sifat atau watak dari seseorang yang bernuansa arogan, egois, serta apatis dalam memengaruhi orang lain atau kelompok untuk melakukan tindakan yang diinginkan oleh pemegang kuasa dengan cara paksaan atau tekanan baik secara fisik maupun mental. Biasanya pemegang kekuasaan yang bersifat negatif ini tidak memiliki kecerdasan intelektual dan emosional yang baik,mereka hanya berfikir pendek dalam mengambil keputusan tanpa melakukan pemikiran yang tajam dalam mengambil suatu tindakan, bahkan mereka sendiri kadang-kadang tidak dapat menjalankan segala perintah yang mereka perintahkan kepada orang atau kelompok yang berada di bawah kekuasannya karena keterbatasan daya pikir tadi.
biasanya kekuasaan dengan karakter negatif tersebut hanya mencari keuntungan pribadi atau golongan di atas kekuasannya itu. karena mereka tidak memiliki kemampuan atau modal apapun selain kekuasaan untuk menghasilkan apapun, dan para pemegang kekuasaan bersifat negatif tersbut biasanya tidak akan berlangsung lama karena tidak akan mendapatkan dukungan sepenuhnya oleh rakyatnya.

 

Legitimasi kekuasaan
Dalam pemerintahan mempunya makna yang berbeda: "kekuasaan" didefinisikan sebagai "kemampuan untuk memengaruhi seseorang untuk melakukan sesuatu yang bila tidak dilakukan", akan tetapi "kewenangan" ini akan mengacu pada klaim legitimasi, pembenaran dan hak untuk melakukan kekuasaan. Sebagai contoh masyarakat boleh jadi memiliki kekuatan untuk menghukum para kriminal dengan hukuman mati tanpa sebuah peradilan sedangkan orang-orang yang beradab percaya pada aturan hukum dan perundangan-undangan dan menganggap bahwa hanya dalam suatu pengadilan yang menurut ketenttuan hukum yang dapat memiliki kewenangan untuk memerintahkan sebuah hukuman mati.
Dalam perkembangan ilmu-ilmu sosial, kekuasaan telah dijadikan subjek penelitian dalam berbagai empiris pengaturan, keluarga (kewenangan orangtua), kelompok-kelompok kecil (kewenangan kepemimpinan informal), dalam organisasi seperti sekolah, tentara, industri dan birokrat (birokrasi dalam organisasi pemerintah) dan masyarakat luas atau organisasi inklusif, mulai dari masyarakat yang paling primitif sampai dengan negara, bangsa-bangsa modern atau organisasi (kewenangan politik).

Teori kekuasaan
            Menurut French dan raven ada 5 teori kekuasaan yaitu sebagai berikut :
1.      kekuasaan paksaan ( coercive power )
kekuasaan imbalan seringkali dilawankan dengan kekuasaan paksaan, yaitu kekuasaan untuk menghukum. Hukuman adalah segala konsekuensi tindakan yang dirasakan tidak menyenangkan bagi orang yang menerimanya. Pemberian hukuman kepada seseorang dimaksudkan juga untuk memodifikasi prilaku, menghukum prilaku yang tidak baik/ merugikan organisasi dengan maksud agar berubah menjadi perilaku yang bermanfaat. Para manajer mengunakan kekuasaan ini agar para pengikutnya patuh pada perintah karena tkut dengan konsekuensi tidak menyenangkan yang mungkin akan diterimanya
jenis hukumannya dapat berupa pembatalan promosi, pembatalan bonus maupun pelaksanaan hukuman spoerti skors, PHK, potongan gaji. Tetapi hukuman adalah paksaan yang masih digunakan untuk memperoleh prestasi yang tidak produktif daalm organisasi
2.      kekuasan imbalan ( insentif power )
kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain karena posisinya, seorang yang tingkatannya lebih tinggi memiliki kekuasaan atas pihak yang bekedudukan lebih rendah. Dalam teori, orang yang mempunyai kedudukan sederjat dalam organisasi, misalnya sesama manajer mempunyai kekuasaan legitimasi yang sederajat pula. Kesuksesan penggunaan kekuasaan legitimasi ini sangat serupa dengan wewenang selain seni pemegang kekuasan, bawahan memainkan peranan penting dalam pelaksanaan pengunaan legitimasi. Jika bawahan menadang penggunaan kekuasaan tersebut sah artinya siseuai dengan hak – hak yang melekat, mereka akan patuh. Tetapi jika dipandang penggunaan kekuasasan tersebut salah, mereka mungkin sekali akan membangkang, batas -  batas kekuasaan ini akan sangat tergantung pada budaya, kebiasaan dan system nilai yang berlaku dalam organisasi yang bersangkutan
3.      kekuasaan sah ( legitimate power )
kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang lain karena posisinya. Seorang yang tingkatannya lebih tinggi memiliki kekuasaan atas pihak yang berkedudukan lebih rendah. Dalam teori, orang yang mempunyai kedudukan sederajat dalam organisasi, misalnya sesama manajer, mempunyai kekuasaan legitimasi yang sederajat pula. Kesuksesan penggunaan kekuasaan legitimasi ini sangat dipengaruhi oleh bakat seseorang mengembangkan seni aplikasi kekuasaan tersebut. Kekuasaan legitimasi sangat serupa dengan wewenang. Selain seni pemegang kekuasaan, para bawahan memainkan peranan penting dalam pelaksanaan penggunaan legitimasi. Jika bawahan memandang penggunaan kekuasaan tersebut sah, artinya sesuai dengan hak-hak yang melekat, mereka akan patuh. Tetapi jika dipandang penggunaan kekuasaan tersebut tldak sah, mereka mungkin sekali akan membangkang. Batas-batas kekuasaan ini akan sangat tergantung pada budaya, kebiasaan dan sistem nilai yang berlaku dalam organisasi yang bersangkutan.
4.      Kekuasaan pakar ( expert power )
Seseorang mempunyai kekuasaan ahli jika ia memiliki keahlian khusus yang dinilai tinggi. Seseorang yang memiliki keahlian teknis, administratif, atau keahlian yang lain dinilai mempunyai kekuasaan, walaupun kedudukan mereka rendah. Semakin sulit mencari pengganti orang yang bersangkutan, semakin besar kekuasaan yang dimiliki. Kekuasaan ini adalah suatu karakteristik pribadi, sedangkan kekuasaan legitimasi, imbalan, dan paksaan sebagian besar ditentukan oleh organisasi, karena posisi yang didudukinya.
Contohnya ; Pasien – pasien dirumah sakit menganggap dokter sebagai pemimpin atau panutan karena dokterlah uang dianggap paling ahli untuk menyembuhkan penyakit
5.      Kekuasaan rujukan (referent power )
Banyak individu yang menyatukan diri dengan atau dipengaruhi oleh seseorang karena gaya kepribadian atau perilaku orang yang bersangkutan. Karisma orang yang bersangkutan adalah basis kekuasaan panutan. Seseorang yang berkarisma ; misalnya seorang manajer ahli, penyanyi, politikus, olahragawan; dikagumi karena karakteristiknya. Pemimpin karismatik bukan hanya percaya pada keyakinan – keyakinannya sendiri (factor atribusi), melainkan juga merasa bahwa ia mempunyai tujuan-tujuan luhur abadi yang supernatural (lebih jauh dari alam nyata).
Para pengikutnya, di sisi lain, tidak hanya percaya dan menghargai sang pemimpin, tetapi juga mengidolakan dan memujanya sebagai manusia atau pahlawan yang berkekuatan gaib atau tokoh spiritual (factor konsekuensi). Jadi, pemimpin kharismatik berfungsi sebagai katalisator dari psikodinamika yang terjadi dalam diri para pengikutnya seperti dalam proses proyeksi, represi, dan regresi yang pada gilirannya semakin dikuatkan dalam proses kebersamaan dalam kelompok. Dalam masa puncaknya, Bung Karno misalnya; diberi gelar paduka yang mulia, Panglima Besar ABRI, Presiden seumur hidup, petani agung, pramuka agung, dan berbagai gelar yang lainnya

Kesimpulan
            Diatas saya sudah membahas panjang lebar dan mendetil mengenai pengertian wewenang dan kekuasaan, teori wewenang dan kekuasaan, sisi positif dan negative wewenang dan kekuasaan dan hal – hal yang berangkutan dengan wewenang dan kekuasaan. Kesimpulan yang bisa saya ambil ialah antara wewenang dan kekuasaan saling berhubungan satu sama lain, keduanya saling keterkaitan, meskipun begitu keduanya tetap berbeda, kekuasaan dalam menjalankannya atau merealisasikan tidak terlalu membutuhkan yang namanya legitimasi sedangkan wewenang dalam merealisasikannya sangat memerlukan yang namanya legitimasi dan juga membutuhkan kekuasaan, karena wewenang tanpa kekuasaan hanya menjadi wewenang yang tidak memliki kekuatan.

Sumber

ALL NEW



All new, sebuah kalimat yang digunakan untuk menggambarkan sebuah perubahan pada suatu hal secara keseluruhan. All new bukan kalimat asing lagi di telinga kita, sehari - hari pasti kita dapat dengan mudahnya mendengar atau membaca kalimat tersebut. Ketika sebuah produsen mobil memproduksi ulang sebuah mobil dengan model interior dan eksterior serba baru maka produsen mobil tersebut menggunakan kalimat All new untuk memberi tahu ke konsumen bahwa mobil yang dia produksi merupakan hal yang baru, yang tidak akan konsumen temukan di model yang lama.
Pada kali ini saya menggunakan kalimat All new untuk sebuah perubahan baru pada blog saya. Tidak sebatas perubahan pada tampilannya saja, namun juga mencakup keseluruhan dari isi blog ini. Mungkin blog saya yang terdahulu hanya berisi sebuah tugas kampus yang mesti di posting kedalam blog. Pada blog saya yang baru ini bukan hanya tugas kampus saja yang saya posting , saya juga akan memposting berbagai macam hal, mulai dari berita yang lagi happening, gambar, music, video atau apapun yang sifatnya baru, segar dan pengetahuan.
Semoga perubahan pada blog saya secara keseluruhan dapat membuat saya pribadi dan juga pembaca blog saya merasa senang, bahagia dan gembira. Dan juga saya tidak akan sampai sini aja melakukan perubahan baru, layaknya ulat terus melakukan metamorphosis untuk menjadi sebuh kupu - kupu yang indah, saya akan terus melakukan penyempurnaan dari sebuah kesemprurnaan.

LONG LIFE AND CHEERS =D 

Pengikut