Pengamanan Layanan Telematika Dalam Aspek Jaringan
Komputer.
Keamanan adalah suatu yang sangat penting untuk
menjaga agar suatu data dalam jariangan tidak mudah hilang. Sistem keamanan
membantu mengamankan jaringan tanpa menghalangi penggunaannya dan menempatkan
antisipasi ketika jaringan berhasil ditembus. Keamanan jaringan di sini adalah
memberikan peningkatan tertentu untuk jaringan.
Peningkatan keamanan jaringan ini dapat dilakukan
terhadap :
1.
Rahasia
(privacy)
Dengan banyak pemakai yang tidak dikenal pada
jaringan menyebabkan penyembunyian data yang sensitive menjadi sulit.
2.
Keterpaduan data
(data integrity)
Karena banyak node dan pemakai berpotensi untuk
mengakses system komputasi, resiko korupsi data adalah lebih tinggi.
3.
Keaslian
(authenticity)
Hal ini sulit untuk memastikan identitas pemakai
pada system remote, akibatnya satu host mungkin tidak mempercayai keaslian
seorang pemakai yang dijalankan oleh host lain.
4.
Convert Channel
Jaringan menawarkan banyak kemungkinan untuk
konstruksi convert channel untuk aliran data, karena begitu banyak data yang
sedang ditransmit guna menyembunyikan pesan.
Motif – motif gangguan pada layanan telematika.
1.
Interruption
suatu aset dari suatu sistem diserang sehingga
menjadi tidak tersedia atau tidak dapat dipakai oleh yang berwenang. Contohnya
adalah perusakan/modifikasi terhadap piranti keras atau saluran jaringan.
2.
Interception
suatu pihak yang tidak berwenang mendapatkan akses
pada suatu aset. Pihak yang dimaksud bisa berupa orang, program, atau sistem
yang lain. Contohnya adalah penyadapan terhadap data dalam suatu jaringan.
3.
Fabrication
suatu pihak yang tidak berwenang menyisipkan objek
palsu ke dalam sistem. Contohnya adalah pengiriman pesan palsu kepada orang
lain.
4.
Modification
suatu pihak yang tidak berwenang dapat melakukan
perubahan terhadap suatu aset. Contohnya adalah perubahan nilai pada file data,
modifikasi program sehingga berjalan dengan tidak semestinya, dan modifikasi
pesan yang sedang ditransmisikan dalam jaringan.
Metode pengamanan layanan telematika.
Contoh metode untuk pengamanan terhadap layanan
telematika (Jaringan Komputer) salah satu yaitu dengan cara: Autentikasi
(Pengenalan). Autentikasi yaitu proses pengenalan peralatan, system operasi,
kegiatan, aplikasi dan identitas user yang terhubung dengan jaringan computer.
Autentikasi dimulai pada saat user login ke jaringan dengan cara memasukkan
password.
Sumber.
0 komentar:
Posting Komentar