Senin, 19 Maret 2012

peranan staff pada organisasi


Peranan staff dalam organisasi

Latar belakang.
            Telah dikemukakan bahwa dalam organisasi bentuk lini dan staff ada dua kelompok tenaga kerja. Kelompok pertama adalah mereka yang tugas utamanya bersifat menterjemahkan tugas pokok menjadi aktivitas, sedang di pihak lain terdapat mereka yang tugasnya melakukan kegiatan-kegiatan penunjang demi lancarnya roda organisasi dan mekanisme kerjasama yang harmonis, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Kedua kelompok ini mempunyai peranan penting dalam merealisasi tujuan organisasi secara efektif dan efisien.
Sepintas lalu kelihatan seolah-olah karyawan lini lebih penting karena tugas meraka yang utama melaksanakan aktivitas penting untuk merealisasi tujuan. Malah dianggap kadang-kadang bahwa tanpa karyawan staff tujuan dapat juga direalisasi. Pandangan ini terutama dalam organisasi modern kurang tepat, walaupun sifat aktivitas karyawan staff sebagai penunjang kegiatan yang dilakukan olah karyawan lini, akan tetapi peranan mereka dalam menciptakan efektivitas dan efisiensi sangat penting. Dengan bantuan karyawan staff organisasi dapat mendayagunakan resources yang dimiliki perusahaan secara optimum, karena mereka dapat melihat berbagai kemungkinan, pendidikan dan pengalaman mereka memungkinkan memilih kesempatan yang terbaik.

Tugas staff pada organisasi
Tugas-tugas yang dapat diberikan kapada karyawan staff antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Mengumpulkan data
  2. Menginterpresentasikan data
  3. Mengusulkan alternative tindakana
  4. Mendiskusikan rencana – rencana yang sedang dipikrkan dengan berbagai hak dan memperoleh kesepakatan mereka atau memperoleh alasan mengapa recana tersebut ditolak
  5. Mempersiapkan instruksi – instruksi tertulis dan dokumen – dokumen lainnya yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan – kegiatan yang merupakan realisasi dari rencana yang telah ditetapkan
  6. Mengamati kegitan – kegiatan operasional dan kondisi – kondisi yang dihadapi untuk mengadakan apakah instruksi – instruksi telah dijalankan dengan baik dan apakaj instruksi tersebut menghambat atau memperlancar proses penapaian tujuan
  7. Mengusahakan pertukaran informasi antara para petugas – petugas operasional mengenai pelaksanaan untuk meingkatkan kegiatan koordinasi
  8. Memberikan informasi dan nasihat kepada petugas – petugas operasional mengenai pelaksanan tugas yang telah didelegasikan kepada mereka.
Kualifikasi staff
Menurut baishline mengajukan 6 pokok yang harus dipengaruhi oleh staf yaitu :
  1. Pengetahuan yang luas mengenai tempat dimana dia bekerja
  2. Punya sifat kesetiaan tenaga yang besar, kesehatan yang baik, inisiatif, pertimbangan yang baik dan kepandaian yang ramah
  3. Punya semangat kerja sama
  4. Kestabilan emosi dan tingkah laku yang sopan
  5. Kesederhanaan
  6. Kemauan baik dan optimis
Kesimpulan
            Sebuah organisasi tidak dapat dipisahkan dari peranan staff, dalam hal ini keberhasilan sebuah organisasi tidak hanya dari struktur organisasi atau pemimpin organisasi namun ada staff yang berperan besar dalam mencapai keberhasilan. Kesatuan organisasi dan staff yang memupuni menjadi kunci sukses

Sumber


0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut